Custom Search

Jumat, 23 Januari 2009

Punya Blog: Apa Pentingnya untuk Anda?

 

Anda mungkin pernah ditanya oleh seorang teman Anda, apakah Anda blog? Kemudian Anda dengan agak-agak bingung balik bertanya, blog, hewan atau tanaman apaan tuh?....Kemudian temen Anda dengan agak heran juga bertanya, lho kamu belum tahu blog ya? Wah kemana aja selama ini fren, kok sampai belum tahu blog. Kemudian teman kamu dengan semangat menjelaskan tentang blog, bahwa blog adalah media komunikasi canggih baru yang ada di internet, bla....bla....




Tiba-tiba saja semua teman Anda punya blog, para selebritis juga punya blog, pejabat dan politisi juga punya blog, bahkan adik Anda yang masih duduk di bangku SD juga mungkin sudah asyik menulis blog. Wah, kelihatannya semua sedang terkena demam blog ya. Kemudian Anda pun merasa penasaran dan diam-diam pergi ke warnet mencari tahu bagaimana cara untuk bisa mempunyai blog keren seperti punya teman-teman. Lalu Anda mulai mengetikkan kata kunci pencarian "Cara punya blog" "cara buat blog" atau apapun kata kunci pencarian Anda. Sehingga Andapun akhirnya menemukan tulisan di blog ini. Pertama, saya ucapkan "Selamat" karena Anda telah menemukan alamat blog yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan informasi, tips dan trik menarik dalam rangka Anda mempunyai blog yang keren. Jadi saran saya catat dan simpan baik-baik alamat blog ini (www.gooddrill.blogspot.com), kami yakin suatu saat Anda akan berkunjung kembali. Thanks

Lalu sebenarnya apa sih pentingnya dan manfaatnya mempunyai blog buat Anda? Okey, sebuah pertanyaan awal yang bagus, dan untuk menjawabnya, mari kita sedikit mengulas sejarah awalnya muncul blog secara singkat saja ya. Blog itu asalnya dari kata weblog yang merupakan halaman di web yang awalnya digunakan untuk menyimpan links atau hal-hal menarik yang ditemukan di dunia web. Di Indonesia sampai saat ini sekitar 300.000 orang yang sudah menggunakan blog. Wah... masih sedikit sekali ya. Iya, tapi sebentar lagi jumlahnya akan segera bertambah setelah Anda selesai membaca tulisan ini.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah sulit mempunyai blog? Okey pertanyaan kedua yang cukup bagus. Coba kita bayangkan terlebih dahulu hal ini. Dulu, untuk membuat sebuah website dibutuhkan pengetahuan dan penguasaan bahasa kode HTML (Hiper Tex Markup Language), belum cukup itu saja Anda harus meng-upload kode HTML tersebut ke internet dengan menggunakan FTP (File Transfer Protocol). What??? Intinya, dulu untuk mempunyai website itu sulit dan susah setengah mati gitu lho....

Nah, sekarang dengan media baru yang namanya blog atau weblog Anda dipermudah untuk memiliki semacam website keren yang bisa Anda kelola dan publikasikan ke seluruh dunia. Yang perlu Anda lakukan adalah hanya mendaftar secara gratis ke layanan blog service dan tulislah sesuatu apapun yang Anda ingin tulis. Setelah selesai hanya dibutuhkan satu kali klik, dan tulisan Anda pun sudah bisa dibaca semua orang di dunia.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan Blog? Yup, banyak sekali yang bisa Anda lakukan dengan blog, (dikutip dari "Tak Tik Blog": Angel & Ollie) diantaranya :

  1. Nambah Teman. Anda bisa bikin T-shirt atau kartu nama dengan nama dan alamat blog Anda untuk dilihat oleh temen-teman. Anda akan terlihat gaul dan keren sekali. Selain itu tentunya akan bisa mengundang blogger lain untuk datang membaca tulisan anda di blog. Anda bisa nambah banyak teman bukan.
  2. Curhat. Blog juga bisa jadi pengganti diary. Tulis saja hal-hal pribadi Anda di blog. Sekarang kan memang sudah jamannya berbagi, susah senang dibagi bersama.
  3. Berita Terkini. Media untuk berbagi informasi terkini tentang apapun diseluruh dunia ini, ekonomi, bisnis, politik, hiburan, musik dll. Anda bisa share semua itu melalui blog.
  4. Pamer Foto dan Vidio. Kalau Anda punya moment terindah dalam hidup dan punya dokumentasinya jangan pelit disimpan sendiri. Silakan bagikan ke selurh dunia, siapa tahu foto-foto kamu bisa menjadi inspirasi bagi sluruh orang di dunia.
  5. Review. Kalau Anda baru selesai menonton sebuah film keren atau selesai membaca sebuah buku bagus jangan lupa berikan review (pandangan) Anda melalui sebuah blog.
  6. Tips dan Trik. Anda mungkin memiliki keahliah atau pengetahuan di bidang tertentu, jangan ragu untuk berbagi dengan semua orang, bukankah berbagi ilmu itu adalah sesuatu yang baik?
  7. Media Publikasi Hasil Karya Anda. Mungkin Anda pernah menulis pusisi atau cerpen atau cerbung yang belum pernah di muat dan diterbitkan di media manapun. Nah, sekarang waktunya untuk Anda terbitkan sendiri hasil karya Anda. Siapa tahu dari sini ada penerbit yang kepincut pengin nerbitkan hasil karya Anda secara betulan.
  8. Media untuk Jualan. Manik-manik dan semua hasil keterampilan tangan Anda atau papun yang Anda miliki dan ada nilai jualnya, manfaatkan untuk bisa mendatangkan uang melalui blog. Pasang fotonya produknya, nama dan deskripsi produknya beserta harganya.

Nah, banyak sekali kan manfaat dan keguanaan blog bagi Anda. Dengan segudang manfaat positif hanya dengan mempunyai blog, apakah Anda masih mau menunda untuk memiliki blog? Ayo jangan tunda lagi...

Bagaimana cara memiliki blog, cara membuat blog dan blog seperti apa yang harus Anda miliki? Semua pertanyaan itu silakan segera Anda temukan jawabannya pada tulisan saya dengan judul: "Cara Mudah Membuat Blog di Blogger.com"


2 komentar:

Unknown mengatakan...

artikelnya sangat membantu saya yang masih awam di dunia blog. saya tunggu artikel berikutnya ya??

Masyhudi mengatakan...

Okey, trims komentnya. Maaf lama gak ngeblog lagi. Tiba2 saja ada kesibukan lain. Semoga masih bisa ngeblog lagi....

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Planet Blogger © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu