Custom Search

Jumat, 30 Januari 2009

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger.com

Dulu untuk memiliki sebuah website harus menguasai terlebih dahulu bahasa HTML (Hiper Tex Marup Languange) belum lagi setelah itu harus mentransfer kode HTML tersebut melalui FTP(Fie Transfer Protocol). Waduh pokoknya ruwet bin jlimet deh bagi kita-kita yang awam di dunia internet. Nah, sekarang dengan blog Anda tidak lagi dipusingkan dengan penguasaan kode-kode HTML dan transfer data tersebut. Sekarang Anda cukup mudah untuk memiliki semacam website keren dengan mengikuti langkah mudah dalam tulisan berikut.



Tulisan berikut ini akan membantu Anda untuk segera memiliki blog yang di idam-idamkan. Sebenarnya untuk memiliki dan membuat sebuah blog bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan cukup dengan 3 langkah saja sudah berhasil membuat blog keren. Namun, bagaimana cara membuat blog Anda semakin friendly untuk dibaca adalah lain hal yang harus Anda pelajari lebih dalam lagi.

Nah sekarang mari kita coba untuk menciptakan sebuah blog untuk Anda di Blogger.com. Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Masuklah ke Blogger.com

Ketikkan URL http://www.blogger.com pada browser Anda. Sesaat kemudian akan segera muncul halaman depan dari Blogger.com dalam bahasa Indonesia. Jika ingin mengganti bahasanya cukup klik dan pilih bahasa di bagian kanan atas.

2. Ciptakan Akun Google

Isi formulir untuk membuat akun google yang baru. Anda harus sudah memiliki e-mail terlebih dahulu. Jika sudah lengkap diisi, kemudian klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses pembuatan blog.

3. Pilih Nama Blog

Pilih judul dan nama blog yang akan Anda gunakan. Misalnya nama blog adalah gooddrill sehingga blog ini akan memiliki nama dan (alamat url): http://gooddrill.blogspot.com (kata blogspot adalah nama penyedia layanan blog gratis dari google). Sedangkan judul blog misalnya "Planet Blogger". Setelah selesai diisi klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses pembuatan blog.

4. Pilih Template

Pilih template yang sudah disediakan oleh blogger.com sebagai tampilan blog Anda. Geser skroll ke bawah dan pilih salah satu template yang tersedia, kemudian klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses pembuatan blog.

5. Mulai Nge-Blog

Nah, jika proses berhasil maka akan muncul ucapan "Selamat Datang". Klik "Mulai Blogging" untuk menulis blogpost pertama Anda. Akan tampil ruang posting seperti compose e-mail. Saya yakin Anda sudah familiar dengan menulis e-mail, ketik judul posting dan isi apa saja yang ingin Anda tulis di posting pertama anda. Isi label untuk postingan dengan kata-kata yang menggambarkan isi postingan Anda (misal: Kuliner, Liburan, Berita, dll). Setelah selesai semua silakan klik publikasikan sekarang, dan wow... sekarang tulisan kamu sudah siap untuk dibaca semua orang di seluruh dunia.

Mudah bukan membuat blog Anda, sekarang tugas Anda selanjutnya adalah rajin mengupdate info dan tulisan-tulisan terbaru dan jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas blog anda agar lebih friendly untuk dibaca. Good lucky....


Tidak ada komentar:

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Planet Blogger © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu